Link Building atau Membangun Link dan Increasing Blog Traffic atau Meningkatkan Trafik Blog merupakan 2 pondasi utama strategi blogging. Keduanya saling melengkapi untuk satu kesatuan tujuan; menjadikan blog pada posisi tawar yang baik, terutama jika dihubungkan dengan mesin pencari. Keduanya bisa dimulai dengan cara mempertajam dayaungkit di balik pentingnya “Blog Relationship Marketing”. Ini juga sangat membantu dalam hal strategi Make Money Blogging.
Itu yang saya pahami dari strategi blogging ke 6 dari Yaro Starak : Leverage Relationship Marketing To Increase Traffic and Build Links. Diantara 8 startegi blogging, saya merasakan inilah yang paling sulit untuk dijelaskan dan dipraktekkan dan sangat tidak memungkinkan untuk dituangkan dalam sekali posting.
Leverage Relationship Marketing tidak bisa dipersempit secara leksikal hanya sebatas  mengungkit hubungan-hubungan pemasaran, karena frase tersebut malah menjadi sulit dipahami dan tidak bermakna jika tidak dihubungkan langsung dengan blog itu sendiri. Berikut ini paparan singkatnya:

  1. Kita membutuhkan cara agar blog kita dikenal orang lain; bukankah kita tidak menginginkan blog kita menyendiri dan kesepian? Mestinya begitu. Kalau blog kemudian disetting untuk kepentingan pribadi/private; tidak disarankan mempertimbangkan dan menempuh cara ini.
  2. Kita membutuhkan cara agar content blog mampu menjadi media pengungkit yang dapat menghadirkan banyak pembaca; apa jadinya jika sebuah blog tanpa posting dan tanpa pembaca? Atau banyak posting tapi tanpa pembaca?
  3. Kita membutuhkan cara untuk mendapatkan semakin banyak relasi dan jaringan; Saya kira untuk alasan inilah antara lain munculnya banyak blog-forum dan komunitas-komunitas blogger dimanapun mereka berada.
  4. Kita membutuhkan cara bagaimana memasarkan blog dengan segenap isinya; bukankah tujuan dari cara ini adalah meningkatnya trafik blog, semakin banyaknya link; semakin banyaknya relasi dan jaringan? Dari sini, baru kemudian berbicara tentang strategi make money blogging, blog monetization atau apapun namanya.
Saya tidak akan menjelaskan secara panjang lebar cara-cara agar ke empat inti dari strategi blogging ke 6 ini bisa terpenuhi. Karena saya yakin, sabahat blogger semua mampu menggali, menerjemahkan dan menerapkannya di blog masing-masing. Mengapa, karena berbagai macam cara untuk memenuhi semua itu sudah banyak bertebaran di Internet, di blog para blogger profesional. Saya sendiri masih mencari cara-cara terbaik untuk memenuhi semua itu. Dan ini mungkin bisa dijadikan starting point: Dalam hal strategi blogging ini, Yaro Starak mencetak tebal dan menggarisbawahi Content + Marketing = Traffic.
Para Blogger Professional mampu membidik strategi ini dengan cara; menulis konten yang bagus dan menjadikannya sebagai free report, special report kemudian menyebarkan dan memasarkannya melalui mailing list, nge-digg dan social bookmarking lainnya, melalui RSS Feed semacam FeedBurner, melalui forum-komunitas blogger, melalui jasa layanan file downloading dan hasilnya ; trafik blog mereka nongkrong di posisi puncak hasil pencarian mesin pencari.
Belajar dari study kasus di atas; bukan tidak mungkin, bloger-bloger pemula yang muncul dan berkembang pesat saat ini akan menjadi blogger professional di kemudian hari dengan menerapkan strategi di atas. Kepikiran juga siiihhh, tapi entah kapan, mungkin suatu saat.
Sambil menunggu datangnya kesempatan tersebut, kita bisa melakukan strategi-strategi blogging yang lebih mudah tentunya dalam konteks “Blog Relationship Marketing”. Strategi ke 7 : Membangun dan Memperbanyak Kran Komunikasi.


1 comments

  1. terry  

    August 16, 2011 at 11:04 PM

    terima kasih atas informasinya. saya adalah blogger pemula, mungkin masih mengalami kebingungan mengenai apa yang dimaksud feedburner, social bookmarking, dll.

Post a Comment

Cari dengan Google

Custom Search