Pada pembahasan sebelumnya mengenai konten pilar blog, telah disebutkan bahwa cewek seksi bernama niche ini merupakan faktor yang cukup sulit untuk ditaklukan. Bahkan menurut saya pribadi paling sulit untuk mendapatkan topik blog yang niche daripada belajar SEO, belajar bisnis online, membuat banner, cara menentukan nama domain, meningkatkan trafik blog, meningkatkan page rank, meningkatkan alexa rank, ataupun kiat - kiat sukses lainnya dalam dunia blogging.


Niche yang dimaksud disini adalah niche yang benar - benar niche (ceruk pasar, langka, unik) tetapi sekaligus banyak dicari orang di dalam search engine. Apakah ada yang seperti itu? Jelas ada, namun gak gampang memperolehnya. Tetapi setidaknya ada sedikit tips panduan yang bisa membantu kita untuk mempermudah menemukan dan memilih topik yang niche untuk blog maupun artikel konten kita.

1. Untuk langkah awal sebaiknya bertanyalah kepada diri kita sendiri : "Bidang apa sih yang saya merasa cukup jago, cukup mahir, cukup ahli, cukup berpengalaman, atau cukup memiliki minat tinggi?" Itu merupakan modal dasar dalam memilih niche. Akan lebih baik kita memilih topik yang benar - benar kita cukup kuasai meski kurang banyak dicari orang daripada kita memilih topik yang sangat banyak dicari orang tetapi kita sendiri kurang menguasai. Kenapa? Karena pada akhirnya kita akan mengalami kebuntuan, kehabisan ide, dan kehabisan kreatifitas jika kita memilih topik yang kurang kita kuasai. Pada akhirnya kegagalan yang akan kita peroleh.

2. Jika masih kebingungan dalam pemilihan niche di langkah nomor 1 diatas, ada beberapa situs yang mungkin dapat memberikan sumber ide pemilihan :

- http://www.amazon.com/gp/bestsellers
- http://pages.ebay.com/sell/whatshot/index.html
- http://pulse.ebay.com/
- http://www.clickbank.com/marketplace.htm
- http://www.google.com/products
- http://magazines.com/

Disitu ada beberapa produk dan topik yang mungkin bisa memberi ilham buat kita senyumkenyit..

3. Setelah kira - kira mendapatkan topik yang sudah cukup niche, masuk ke situs dari google berikut untuk mengecek prospek keyword topik niche tersebut apakah bagus atau buruk :

- http://google.com/trends?q=&ctab=0&geo=ID&geor=all&date=ytd&sort=0
- https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal

Dapat dikatakan bagus jika hasil pencarian dan trend-nya cukup besar.

4. Cek juga di google.co.id atau google.com (untuk target pasar luar negeri) mengenai keyword niche yang telah melewati ketiga poin diatas, lihat tingkat persaingannya. Untuk melihat-nya cek angka hasil result pencarian. Terlalu banyak pesaing tidak baik, tetapi tidak ada pesaing pun tidak baik. Kenapa? Hayo coba jawab sendiri kenapa.. sengihnampakgigi

Selain melihat angka hasil result pencarian, faktor lain yang bisa dipertimbangkan adalah adanya iklan adword di hasil pencarian keyword tersebut. Btw, udah pada tau kan apa itu iklan adword? Yah saya anggap udah pada tau aja ya, jadi gak perlu dijelaskan lagi apa itu adword malu. Secara logika, jika ada advertiser yang berani memasang iklan di keyword itu, berarti ada prospek dan trafik disana.

Saya rasa dengan panduan poin - poin diatas sudah lumayan dapat membantu kita memilih topik niche yang bagus. Langkah terakhir adalah tinggal meng-optimalkan dan memaksimalkan niche tersebut. Poin - poin diatas bisa digunakan sebagai persiapan dalam memilih topik niche untuk artikel (konten pilar) maupun untuk tema blog (bagi yang akan membuat blog baru).



0 comments

Post a Comment

Cari dengan Google

Custom Search