Tidak bisa dipungkiri kalau judul artikel memegang peranan cukup penting dalam hasil pencarian di search engine. Semakin mirip (atau bahkan sama) judul artikel dengan apa yang dicari orang di search engine, maka peluang untuk muncul di halaman depan akan lebih besar. Apalagi persaingan dalam keyword tersebut masih sepi, blog yang tidak melakukan optimasi SEO pada judul artikel pun bisa menempati posisi bagus di search engine.

Tips SEO berikut dapat dilakukan guna meningkatkan optimasi SEO pada judul artikel agar lebih menjadi google friendly, yaitu dengan melakukan edit kode html pada blogspot kita :


1. Cari kode berikut :

<title><data:blog.pageTitle/></title>

2. Hapus kode diatas dan ganti dengan kode di bawah ini :

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/></title>
</b:if>

3. Save, done..

Hasilnya dapat dilihat pada halaman page browser ketika kita membuka salah satu artikel, jika sebelumnya yang tertulis adalah nama blog kita, maka sekarang yang muncul adalah judul artikel kita. Seperti ini contohnya ketika sudah melakukan langkah diatas :






Hal ini diyakini dapat meningkatkan optimasi SEO pada artikel tersebut. Namun selain melakukan optimasi tersebut, ada juga beberapa tips lain yang masih berkaitan dengan kiat optimasi SEO pada judul artikel :

a. Pilih judul artikel jangan terlalu panjang.
Hal ini disebabkan karena ada batasan karakter yang akan menjadi alamat url. Sebagai contohnya adalah salah satu artikel blog ini yang berjudul Google Friendly Dengan Google Webmaster Tool --> judul tersebut terlalu panjang dan akhirnya alamat url nya hanya http://slikers.blogspot.com/2009/01/google-friendly-dengan-google-webmaster.html. Hal ini akan mengurangi optimasi SEO karena ada kehilangan kata disana, yang mungkin saja kata tersebut keyword penting.

b. Pilih judul artikel yang tepat guna.
Sebelum melakukan pemilihan judul artikel, sebaiknya kita berpikir sejenak terlebih dahulu : "Apa kata / frase yang paling umum dan banyak dicari di search engine untuk topik tersebut?" Tentunya sangat disarankan tidak melenceng dari topik yang dibahas, jangan sampai kita menuliskan judul "Tips Meningkatkan Pengunjung Blog" tapi isinya malah "Tips Meningkatkan Berat Badan" takbole .

Kasihan kan yang kesasar membaca artikel tersebut. Tapi ini juga terjadi dengan blog ini sih sebetulnya, keyword lowongan kerja pns dephan nongkrong di peringkat kedua google tapi isinya malah humor (maafkan ya yang pernah tersasar di keyword itu sembah sembah jelir).

c. Hindari penggunaan simbol aneh.
Penggunaan simbol (@#$%^&* dll) kurang bermanfaat dan bahkan tidak akan dideteksi sebagai simbol pada alamat url. Lagipula, rasanya jarang orang mencari di search engine dengan simbol - simbol seperti itu (bener gak ya? fikir).

Semoga tips SEO pada judul artikel tersebut dapat menambah sedikit pengetahuan, khususnya bagi saya dan teman - teman yang masih pemula dalam dunia SEO.








Sumber : http://slikers.blogspot.com/2009/01/tips-optimasi-seo-pada-judul-artikel.html

0 comments

Post a Comment

Cari dengan Google

Custom Search